AJI Gelar Google News Lab Training Journalist di Bandung

Rabu, 12 Desember 2018 13:56 WIB
AJI Gelar Google News Lab Training Journalist di Bandung

BANDUNG - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerja sama dengan AJI Bandung dan didukung oleh Google News Lab dan Internews menggelar Google News Lab Training Journalist. Pelatihan yang diikuti oleh 24 jurnalis dari berbagai media di Bandung ini berlangsung di Lo.Ka.Si Coffee & Space, Bandung, 10-11 Maret 2018.

Dalam pelatihan ini para peserta dilatih untuk menggunakan tool-tool yang ada di internet guna memverifikasi merebaknya berita hoaks yang menimbulkan banyak dampak buruk di masyarakat.

Deni Yudiawan, salah satu trainer menjelaskan, pelatihan ini digelar agar para jurnalis bisa memaksimalkan tools yang tersedia di internet untuk memperoleh data yang akurat.

Senada dengan Deni, Okky Irmanita, salah satu trainer lainnya menjelaskan, selain mengenalkan sejumlah metode penelusuran data, peserta juga dilatih untuk melakukan pengamanan diri di dunia digital.

"Pengamanan secara digital ini penting agar setiap akun media sosial yang digunakan oleh para jurnalis bisa terlindungi dari pembajakan yang merugikan", tambah Okky.

Sebelumnya, AJI Bandung bekerjasama dengan Google Internews dan Google News Lab juga menggelar workshop bertajuk "Hoax Busting and Digital Hygiene" di Aula Graha Kompas Gramedia, Bandung, Jumat (9/3).
 
Peserta dari kalangan umum, mahasiswa, dan jurnalis, juga dilatih untuk menghadapi maraknya berita bohong atau hoaks yang kini banyak beredar di masyarakat.