TRAINING OF TRAINERS

Pelatihan fact-checking dan keamanan digital ini didesain berdasarkan latar belakang profesi dan kemampuan yang dimiliki pesertanya. Untuk training of trainers, diperuntukkan bagi para calon trainer kelas pengecekan fakta, umumnya dari kalangan jurnalis atau akademisi yang memiliki pengalaman jurnalistik, pengecekan fakta, dan penggunaan tools digital.

Secara umum training ini bertujuan:

  1. Meningkatkan kapasitas peserta agar mampu memverifikasi informasi digital yang bersumber dari Internet dengan memakai tool digital.

  2. Meningkatkan kapasitas peserta agar mampu melindungi diri dan kerja jurnalistiknya dengan strategi pengamanan digital.

  3. Meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya verifikasi dan fact-checking terhadap informasi yang diperoleh di Internet.

Training ini berlangsung selama lima hari penuh, namun memungkinkan untuk dibuat lebih menyesuaikan kebutuhan materi dan kapasitas peserta. Melalui training ini Google Network Initiative menghasilkan trainer-trainer yang siap memfasilitasi berbagai pelatihan fact-checking dan keamanan digital di Indonesia.

Hingga kini kami telah menyelenggarakan tiga kali training of trainers dan menghasilkan 90 orang trainers yang tersebar di seluruh Indonesia.`

Peta Sebaran Trainer Google Network Initiative di Indonesia